Tipe-tipe Gitar

Gitar Akustik dibagi :

  • Gitar Classic
  • Gitar Steel String Acoustic
  • Gitar Electro-Acoustic  
Gitar Elektric dibagi :


  • Gitar Electric
  • Gitar Semi Acoustic-Electric.    
Gitar Classic

Banyak yg bilang gitar jenis ini dengan istilah gitar spanyol.

Perbedaan yang paling mendasar pada gitar ini adalah ukuran neck dan body yang lebih besar dibandingkan jenis gitar yg laen. Trus juga senar yg dipake rata2 senar nylon, walaupun juga banyak temen saya yang ngeganti senarnya pake senar biasa atau steel string. Kebanyakan jenis gitar ini dipake untuk maenin musik2 klasik.

Gitar Steel String Acoustic


Ada yg bilang gitar ini dengan istilah "Gitar Folk". Secara tehnis hampir sama sih sama gitar classic, cuma dari segi bentuk body ga terlalu bulet dan ukuran lebar necknya pun ga selebar gitar spanyol. Untuk senar yg dipake ya sesuai namanya memakai senar steel string. nah klo yg baru belajar gitar, menurut gw sih jenis ini yg paling bagus, secara necknya ga terlalu lebar.

Gitar Electro-Acoustic

Nah klo yang satu ini bisa dibilang tengah-tengahnya antara akustik dan elektrik gitar. Secara penampilan dan ukuran gitar jenis ini hampir ga da bedanya dengan gitar akustik yg lain, yang bikin beda adalah  gitar jenis ini bisa langsung dihubungkan ke amplifier karena di dalam gitar jenis ini telah dipasang pick-up. Karenanya harganya pun lebih mahal pastinya.


Gitar Electric


Klo jenis yg satu ini gw yakin lo semua dah pada tau lah. Tapi sekedar buat info aja, secara tehnis jenis gitar ini memiliki perbedaan yang jauh dengan gitar akustik. Bedanya :

  1. Body Gitar ini terbuat dari bahan kayu yang solid alias ga kopong kayak gitar akustik.
  1. Untuk mendengarkan suaranya, gitar ini harus dihubungkan dengan perangkat amplifier, karena sumber suaranya bukan berasal dari tabung gitar melainkan langsung dari pick-upnya. Untuk menghubungkannya dbutuhkan kabel jack.

Gitar Semi Acoustic-Electric


Klo yang ini...??bingung deh....?ga usah bingung bro....klo yang ini masuk ke jenis Gitar Semi Acoustic-Electric atau biasa orang nyebutnya dengan istilah "Hollowbody". Dari namanya aja kita dah tau klo gitar jenis ini bisa dibilang gabungan antara gitar listrik sama gitar akustik. Lah terus apa bedanya sama jenis gitar electro-acoustic?.

Bedanya bisa dilihat dari struktur body dan pick-upnya. Hollowbody sendiri terbagi 2 tipe yaitu "Hollowbody" dan "Semi-Hollowbody". Klo yang hollowbody, bodinya bener2 kopong kayak gitar akustik, sedangkan Semi-Hollowbody bodinya ga bener2 kopong. Biasanya hanya bagian tengahnya saja yang solid.
Walau bodinya kopong, dari segi suara sebenernya gitar jenis ini tergolong gitar listrik, cuma masih mempertahankan nuansa akustiknya. Pick-up yang digunakannya pun termasuk pick-up khusus yang biasa disebut pick-up piezo. Pick-up ini akan bisa menghasilkan sound yg benar2 akustik bila dihubungkan dengan ampli yang khusus untuk akustik (bisa juga pake ampli kibor....).
Kelebihan Gitar jenis ini adalah lo tetep bisa maeninnya walaupun tanpa terhubung dengan ampli (ya walaupun ga senyaring gitar akustik sih....tapi lebih nyaring ketimbang gitar listrik tanpa ampli).
Nah!dah tau kan jenis ato tipe2 gitar? sekarang terserah lo mau make ato beli yang mana. Saran gw sih tergantung pada kondisi dan jenis musik apa yg lo maenin walaupun juga namanya maen musik sih bebas2 aja. Klo untuk yang masih belajar sih gw saranin untuk memilih gitar jenis "Steel String Acoustic", karena gitar ini mampu memperkuat jari-jari lo

Comments